Profil Dinas

Profil Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu

Pariwisata sebagai salah satu aset daerah dalam mendongkrak pemasukan Pendapatan Asli Daerah, perlu dikelola secara maksimal. Sehingga pemanfaatan potensi Pariwisata tersebut dapat terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Apalagi dalam euforia Otonomi Daerah sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah sebagaimana telah diubah beberapa kali, terakhir dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2008 tentang Perubahan Kedua atas Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2004;, daerah Kabupaten atau Kota harus memiliki kantong-kantong ekonomi yang kuat untuk menghidupi rumah tangga nya sendiri. Dengan begitu daerah yang bisa memanfaatkan keadaan baik Sumber Daya Alam (SDA) maupun Sumber Daya Manusia (SDM), akan mampu bersaing dengan daerah lain dalam hal mengejar kemajuan.

Dengan perubahan struktur kepemerintahan maka Pemerintah daerah lebih mengutamakan implementasi dinas Teknis untuk mengikuti dan mengimplementasikan dari program–program prioritas daerah yang tertinggal sebelumnya. Dengan adanya hal tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Rokan Hulu telah menggeluarkan Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor 5 Tahun 2017 tentang Organisasi Perangkat Daerah, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu adalah: unsur pelaksana urusan Pemerintahan yang menjadi kewenangan Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Badan yang berkedudukan dibawah bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Tugas pokok dan fungsi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu yang ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Rokan Hulu Nomor 5 Tahun 2016  tentang Organisasi Perangkat Daerah. Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah yang dibentuk untuk membantu kerja Bupati Rokan Hulu selaku Kepala Daerah Kabupaten Rokan Hulu, maka Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu diserahi tugas pokok Melaksanakan kewenangan Otonomi daerah dalam rangka tugas desentralisasi dan membantu dibidang Pariwisata dan Kebudayaan.

Untuk menyelenggarakan tugas pokok tersebut, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Rokan Hulu mempunyai tugas sebagai berikut:

  1. Perumus kebijakan dalam rangka perencanaan, pembinaan dan pengembangan bidang pariwisata dan kebudayaan.
  2. Melaksanakan kebijakan operasional, pemberian bimbingan dan pembinaan, pemberian perizinan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh kepala daerah berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Membantu dan mengendalikan pelaksanaaan tugas pokok yang ditetapkan berdasarkan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.
  4. Penyelesaian Administrasi umum meliputi ketatalaksanaan, keuangan, kepegawaian dan perlengkapan dinas.